Unknown Unknown Author
Title: Kuliner Asli Gresik - Sego Roomo atau Lontong Roomo
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Kuliner Asli Gresik - Sego Roomo Dahulu kuliner yang satu ini memiliki kisah cerita yang berkaitan dngan Wali Songo yang ada di Gresik ...

Kuliner Asli Gresik - Sego Roomo

Kuliner Asli Gresik - Sego Roomo - www.gresikku.com

Dahulu kuliner yang satu ini memiliki kisah cerita yang berkaitan dngan Wali Songo yang ada di Gresik yaitu Sunan Giri, ada seorang wanita setengah baya sedang kebingungan untuk memberi nafkah pada keluarganya karena suaminya yang telah meninggal dunia, wanita ini tinggal di desa Romoo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Pada saat dia kebingungan, wanita ini bertemu engan Sunan Giri, saat bertemu dengan Sunan Giri ini si wanita itu berkeluh kesah, maka Sunan Giri menyuruh wanita ini untuk berjualan, kebingungan si wanita ini saat Sunan Giri menyuruhnya berjualan "Masa saya harus menjual desa saya untuk makan, Kanjeng Sunan" ucap si wanita ini.

Kuliner Asli Gresik - Sego Roomo - www.gresikku.com
Setelah mengerti apa yang dimaksudkan oleh Sunan Giri, maka Sunan Giri meminta si wanita ini untuk menjual sesuatu "Koen dodolano sego koyok ngene loh" ucap Sunan Giri pada perempuan itu yang artinya, berjualanlah kamu nasi seperti ini.
Kemudian Sunan Giri mengajarkan cara membuat nasi yang dimaksudkan itu kepada wanita ini. Dan akhirnya nasi yang di jual wanita tersebut diberi nama Sego Romoo.
Bumbu-bumbu yang dipakai mirip dengan  Sate Padang dan  Lontong Manggul dari Madura.


Post a Comment

 
Top