Unknown Unknown Author
Title: Kuliner Gresik - Bonggolan Sedayu
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Kuliner Gresik - Bonggolan khas Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik.  Bonggolan adalah salah satu kuliner jajanan khas Kota Gresik, tepa...

Kuliner Gresik - Bonggolan khas Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik. 


Kuliner Gresik - Bonggolan Sedayu - www.gresikku.com
Bonggolan adalah salah satu kuliner jajanan khas Kota Gresik, tepatnya di daerah Kecamatan Sidayu. Orang- orang daerah Sidayu sangat menggemari jajanan yang satu ini, selain digunakan sebagai camilan tapi juga bisa digunakan sebagai lauk dan kerupuk ikan.

Pembuatan camilan ini hanya perlu menyiapkan sedikit bahan, diantaranya: tepung kanji, tepung terigu, bawang merah dan bawang putih, sedikit penyedap rasa, dan sari ikan (biasa menggunakan ikan jenis Payus atau Plaosan yang masih satu keluarga dari ikan Badeng) untuk menambah kenikamatan camilan ini.

Kuliner Gresik - Bonggolan Sedayu - www.gresikku.com

Kuliner Gresik - Bonggolan Sedayu - www.gresikku.com
Sidayu adalah termasuk kawasan usaha perikanan ditambah lagi daerah ini juga termasuk aliran bengawan solo. Dulu penduduk daerah setempat kebanyakan bekerja sebagai nelayan atau usaha bertambak.
Ide awal pembuatan camilan ini berasal dari keinginan penduduk dalam mengolah ikannya kembali agar mereka tidak merugi dalam penjualannya. Akhirnya dengan mencoba- coba mencampur ikan dengan bahan- bahan yang sudah disediakan ternyata jadilah bulatan- bulatan panjang yang mirip batang pohon, dari situlah akhirnya penduduk setempat menyebutnya dengan nama Bonggolan yang diambil dari bahasa jawa bonggol.

Post a Comment

 
Top