Unknown Unknown Author
Title: Kuliner Gresik - Ketupat Ketheg dari Daerah Giri
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Kota Gresik memang cocok disebut juga kota sejuta kuliner, dengan banyaknya berbagai macam kuliner khas dari Gresik. Salah satunya adalah ...

Kota Gresik memang cocok disebut juga kota sejuta kuliner, dengan banyaknya berbagai macam kuliner khas dari Gresik. Salah satunya adalah kuliner yang disebut Kupat Ketheg (Ketupat Ketheg), kuliner yang satu ini memang apabila dilihat dari bentuk dan penampakannya tidak menggugah selera, tetapi saat kita mulai menciumnya maka nafsu makan kita akan langsung naik dan akan segera terasa lapar.


Kuliner Khas Gresik - Ketupat Ketheg dari Giri - www.gresikku.com

Bentuk dari Kupat Ketheg memang tidak jauh berbeda dengan ketupat pada umumnya, akan tetapi Kupat Ketheg ini memiliki perbedaan saat memasak ketupat ini, yaitu dengan menggunakan air lantung yang hanya ada di sumur minyak mentah peninggalan Belanda di wilayah Giri, Gresik, dan tidak ada di daerah lain.

Dinamakan kupat ketheg karena cara memasaknya menggunakan air ketheg, yaitu air endapan minyak mentah yang keluar dari sumur minyak tua yang berwarna kehijau-hijauan. Air ketheg atau air lantung inilah yang kemudian menjadi air utama untuk memasak ketupat ketheg sehingga berasa gurih dan asin. Selain berasa khas, bungkus kupat ketheg warnanya menjadi kuning ke emasan dan mengkilat.

Untuk memasak kupat ketheg, air lantung atau air ketheg yang baru di ambil dari sumur minyak tua tersebut, tidak bisa langsung digunakan untuk memasak, karena kondisinya masih keruh. Air sumur ketheg tersebut harus diendapkan selama (7) tujuh hari. Pengendapan itu dilakukan agar airnya menjadi jernih dan terlihat bersih saat akan di gunakan untuk memasak.

Dahulu, sumur minyak tua sumber air ketheg masih banyak terdapat di Gresik. Dalam sepuluh tahun terakhir sumur minyak tua yang konon peninggalan Belanda yang mengeluarkan lantung hanya ada di Kelurahan Ngargosari dan Sekarkurung Kecamatan Kebomas. Menurut informasi terakhir sumur sumber air ketheg ini hanya terdapat di Sekarkurung, Kebomas.

Selain memberikan rasa khas kepada kupat ketheg. Dengan memasak menggunakan air ketheg, ketupat ini mampu bertahan hingga lebih dari 15 hari lamanya meski tanpa bahan pengawet kimiawi. Sehingga ketupat ketheg, sangat cocok untuk untuk oleh-oleh bagi pengunjung makam Sunan Giri yang datang dari luar kota.

Kuliner Khas Gresik - Ketupat Ketheg dari Giri - www.gresikku.comKuliner Khas Gresik - Ketupat Ketheg dari Giri - www.gresikku.com

Namun sayang keberadaan kupat ketheg ini tampaknya semakin punah. Kepunahan kupat ketheg ini selain karena kurang familiar, juga diakibatkan semakin sulitnya sumber air ketheg. Pengrajin kupat ketheg sudah semakin jarang.

Post a Comment

 
Top